1. Tentukan tujuan utama aplikasi mobile
Mulailah melakukan riset untuk mengetahui apa yang dibutuhkan untuk menunjang kemudahan dalam kehidupan mereka sehari – hari. Dan gunakan permasalahan mereka sebagai tujuan Anda membuat aplikasi mobile. Analisa yang tepat terhadap permasalahan pelanggan Anda akan membuat aplikasi mobile yang Anda bangun menjadi primadona di masyarakat dan target market bisnis anda.
2. Desain aplikasi mobile yang mudah dan jelas
Gunakan metode ATM (Amati – Tiru – Modifikasi) untuk menentukan desain aplikasi yang sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya usaha Anda bergerak di bidang penjualan barang, cobalah melihat aplikasi berjenis marketplace. Pelajari bagaimana mereka menampilkan produk dan kemudahan dalam pembayaran hingga pengecekan pengiriman.
3. Platform yang mudah dalam pengembangan
Pastikan bahwa platform yang nantinya Anda pilih memiliki layanan pengembangan yang mengikuti perubahan dunia digital saat ini. Pastikan juga banyak referensi ataupun forum pendukung untuk developer. Hal ini penting karena semakin banyak developer yang menggunakannya, pastinya bagus juga perkembangannya untuk kebutuhan Anda kedepan dalam pengembangan aplikasi mobile Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengembangkan platform yang Anda buat. Anda dapat meminta bantuan kepada jasa pembuatan aplikasi mobile yang ada di tempat domisili Anda.
4. Multi user dan multi device
Faktanya semakin sedikit orang yang mau melakukan registrasi untuk sebuah aplikasi yang mereka gunakan. Hal ini yang mendasari bahwa seseorang menggunakan satu akun untuk melakukan pendaftaran di beberapa perangkat aplikasi mobile. Fitur ini yang perlu Anda pastikan ada juga di aplikasi mobile Anda.
5. Feedback dan Evaluasi
Setiap feedback menghasilkan pengembangan aplikasi yang sesuai kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi anda mempermudah pengguna aplikasi Anda dalam penyampaian pendapat mereka tentang aplikasi mobile Anda. Dari hasil evaluasi yang Anda buat, yang terpenting adalah Anda dapat mengelompokkan mana yang benar – benar menjadi kebutuhan pelanggan atau hanya sebagai “penghias” di aplikasi Anda.