Banyaknya pilihan software accounting di Indonesia membuat pengusaha kebingungan dengan cara memilih software akuntansi yang tepat untuk perusahaannya. Apakah Anda saat ini sedang kebingungan mencari software akuntansi mana yang sekiranya cocok untuk kebutuhan bisnis Anda?
Dalam riset ini, telah kami rangkum kelebihan dan kekurangan dari masing-masing software populer yang tersedia di Indonesia. Berikut daftar 14 software accounting populer yang ada di Indonesia:
- MASERP by MAS Software
- Jurnal
- Accurate
- Zahir
- Hashmicro
- EPICOR
- SAP Business One
- Oracle ERP Cloud
- Microsoft Dynamics AX
- Xero
- QuickBooks
- FreshBooks
- Zoho Books
- Acumatica
MASERP by MAS Software
Bagi para pemilik bisnis menengah ke atas yang bisnisnya memiliki flow yang rumit tentunya hal ini adalah jalan keluar yang akan sangat membantu. Di dalam program MASERP sudah terdapat 14 modul antara lain:
- Modul Supplier dan Pembelian
- Modul Customer dan Penjualan
- Modul Persediaan Barang
- Modul Cash dan Bank
- Modul Manufacturing
- Modul Project Management
- Modul General Ledger
- Modul Aset Tetap
- 300+ Laporan Siap Cetak
Berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk implementasi MASERP di perusahaan? Anda cukup menyiapkan 98 juta untuk paket manufaktur dan 83 juta untuk paket distributor. Harga tersebut sudah termasuk 5 user. Setiap tahunnya Anda akan dikenakan biaya maintenance untuk training user, customer support dan update program.
Apabila Anda memiliki banyak cabang perusahaan, banyak gudang dan menggunakan mata uang selain Rupiah, MASERP memiliki fitur multi company, multi gudang dan multi currency yang ada di dalam satu sistem. Keuntungannya, Anda tidak perlu membeli sistem lagi untuk tiap cabang dan gudang yang Anda miliki. Hemat, bukan?
MASERP sudah dipercaya oleh berbagai industri seperti manufaktur, perkapalan, energi dan gas, F&B, garment dan tekstil, jasa keuangan, otomotif, medis, mining, agrikultur, dan lain-lain. Apakah bisnis Anda termasuk dalam daftar tersebut?
Penasaran dengan MASERP? Konsultasikan segera kendala dan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli MASERP, sekarang!
Jurnal
Anthony Kosasih mendirikan Jurnal pada tahun 2015. Setelah kurang lebih 5 tahun di Indonesia, software accounting yang ditujukan bagi para pengusaha UKM serta bisnis menengah ini kini telah kian menjadi terkenal ditengah masyarakat Indonesia, dan sudah menjadi satu dengan aplikasi lain dan mengubah menjadi Mekari.
Menurut mereka, Jurnal memiliki 6 kelebihan yaitu:
- Menggunakan cloud sehingga laporan keuangan dapat dilihat melalui handphone atau komputer di mana pun & kapan pun.
- Laporan keuangan bisa dilihat real time.
- Terdapat 11 jenis faktur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengusaha.
- Jumlah inventory mudah diperiksa secara real time.
- Pencatatan biaya & penyimpanan bukti transaksi yang mudah.
- Memiliki modul manajemen aset, sehingga user tetap bisa menjaga nilai aset selalu tinggi & memiliki masa penggunaan yang tidak sebentar.
Accurate
Software accounting Accurate telah berdiri sejak 1998, dengan bukti kehadirannya yang cukup sudah lama di Indonesia, Accurate sudah banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia dari berbagai golongan, tak terkecuali dari kaum mahasiswa. Fitur standar yang ada di Accurate antara lain:
- Pembelian
- Penjualan
- Buku Besar
- Persediaan
- Aktiva Tetap
- Kas/Bank
- Pembiayaan Pesanan (Job Costing)
- RMA (Return Merchandise Authorization)
Zahir
Zahir telah berdiri sejak 1996, dan telah banyak mendapatkan berbagai prestasi seperti:
- Penghargaan Presiden RI pada tahun 2003.
- Telah hadir di 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, serta Australia.
- Juara Pertama Teknopreneur Award Tahun 2008.
Menurutnya terdapat beberapa fitur menarik yaitu, chart of account yang fleksibel, department & job costing, pengurusan persediaan, smart reminder, jurnal otomatis, analisis bisnis, e-faktur pajak, rekonsiliasi bank.
Hashmicro
Berdiri sejak tahun 2006 di Singapura, Hashmicro juga sudah semakin terkenal di Indonesia. Program ini disebut juga sebagai Equip ERP. Di Dalam program ini terdapat beberapa modul yang terpisah seperti Modul Accounting, Manufacturing, HRM, Inventory, dan CRM yang dapat dikonfigurasikan atau diintegrasi sesuai dengan kebutuhan Anda, sayangnya tidak tercantumkan apakah konfigurasi tambahan membutuhkan biaya tambahan atau tidak.
Poin positifnya, software ini tidak mengenakan biaya tambahan pada setiap penambahan user. Ada juga paket ERP yang berisikan beberapa modul berbeda disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda.
EPICOR
Epicor pernah di nominasikan sebagai Visionary pada Gartner Magic Quadrant. Epicor juga telah memiliki lebih dari 20.000 customer dan telah hadir di 120 lebih negara di seluruh dunia. Dikatakan di dalam websitenya, bahwa Epicor memiliki 5 kelebihan yang unik yaitu:
- Dapat melakukan kolaborasi antara pengguna.
- Dapat memiliki berbagai pilihan lokasi server.
- Software yang responsif terhadap kebutuhan user.
- Software yang sederhana dan memiliki tampilan yang user friendly.
- Memiliki service bantuan langsung di dalam sistem.
SAP Business One
Software SAP biasa dikenal sebagai software yang memiliki harga sangat mahal, yang telah banyak dipakai untuk perusahaan raksasa. Namun berbeda dengan software accounting SAP Business One, software ini adalah software manajemen bisnis yang dirancang untuk jenis usaha yang lebih kecil atau bisa juga disebut UKM.
Sebagai solusi SAP, ini bertujuan untuk mengotomasi bisnis secara keseluruhan, terutama di bagian keuangan, penjualan, manajemen proyek, perencanaan produksi & persediaan, pembelian & supply chain, dan analisa & intelijen bisnis.
Di dalam software SAP Business One terdapat beberapa modul andalan seperti Financial Management, Sales & Customer Management, Business Intelligence, Analytics & Reporting, Purchasing & Inventory Control, Industry Specific ERP Solutions.
Beberapa kelebihan lain yang bisa didapatkan:
- Sisa persediaan dapat dicheck secara online dalam sistem. Berapa banyak persediaan yang masih dimiliki dapat dipantau secara jelas sehingga dapat meminimalisir kemungkinan kehilangan.
- Perhitungan harga dan diskon dapat dikontrol dari pusat. Harga di kasir dihitung secara otomatis.
- Ketersediaan barang antar cabang dapat diperiksa secara real time sehingga jika terdapat customer yang sedang mencari barang tertentu maka dapat diberi informasi yang tepat mengenai ketersediaan barang tersebut.
- Terdapat modul loyalty sistem yang sudah sangat terpercaya.
- Jumlah penjualan per sales dapat dicatat dengan mendetail sehingga meminimalisir kemungkinan kesalahan.
- Dapat mencatat lost sales.
Oracle ERP Cloud
Oracle ERP Coud merupakan produk ERP dari Oracle Corporation. Beberapa fitur andalan Oracle ERP Cloud sendiri terdiri dari:
- Oracle Financials Cloud (Bundles financials)
- Oracle Procurement Cloud (Sourcing, contracting, procure-to-pay, & supply management)
- Oracle Risk Management Cloud (Security, audit, & fraud monitoring)
- Oracle EPM Cloud (Enterprise performance management including planning & reporting)
- Oracle SCM Cloud (Supply chain, inventory, logistics, & product lifecycle management).
Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi user. Server yang terdapat software Oracle akan menangani proses analisa database. Sementara user atau pengguna yang menjalankan aplikasi akan mendapatkan hasil akhir berupa data yang sudah diproses. Dengan sistem kerja yang demikian, maka akan mengurangi kendala kecepatan pada jaringan.
Microsoft Dynamics AX
Microsoft Dynamics Ax adalah sebuah software bisnis enterprise yang sudah sangat dikenal di kalangan para pebisnis. Sistemnya sendiri dipercaya telah dapat memenuhi kebutuhan pemilik bisnis secara lengkap. Mulai dari modul SCM, Inventory, Keuangan, Produksi sampai dengan Analisa Data.
Sama dengan software ERP yang lain, software ini juga dapat mengintegrasikan berbagai modul yang diperlukan, sehingga tentunya dapat mempercepat para user dalam mendapatkan informasi serta pengambilan keputusan. Microsoft Dynamics Ax ini sangat cocok bila digunakan pada jenis bisnis yang memiliki kegiatan produksi serta juga memiliki banyak lokasi.
Software ini secara umum terdiri kedalam 3 kategori utama, yaitu: Keuangan (buku besar, piutang, dan hutang), Project (RAB, serta manajemen proyek secara keseluruhan), Distribusi (PO/Purchase Order), Inventory, dan pembelian bahan baku)
Xero
Software akuntansi Xero adalah software berbasis cloud, sehingga Anda tidak perlu repot menginstall di komputer atau laptop, Anda dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Salah satu keunggulannya, Xero memiliki aplikasi di Play Store dan App Store. Fitur multi currency di Xero terdiri lebih dari 160 mata uang.
Dashboard performa bisnis di Xero menampilkan grafik laba kotor, laba bersih dan penjualan bersih untuk memudahkan Anda mengetahui kinerja bisnis dalam waktu tertentu.
- Paket Starter $25 per bulan, cocok untuk bisnis baru dan usaha seorang diri dengan fitur yang ditawarkan yaitu rekonsiliasi transaksi bank, 20 invoices, 5 tagihan, terima tagihan dan yang masuk dengan Hub Doc. Untuk fitur ini, Anda tidak dapat menggunakan multi currency dan rekonsiliasi dalam jumlah besar.
- Paket Standard $40 per bulan, cocok untuk bisnis kecil yang sedang berkembang. Fitur yang ditawarkan antara lain penawaran dan invoice, tagihan masuk, rekonsiliasi bank dan laporan arus kas. Sama dengan paket sebelumnya, Anda tidak dapat menggunakan fitur multi currency. Tentu ini akan menyulitkan jika Anda memiliki bisnis ekspor dan impor yang perlu menggunakan banyak mata uang.
- Paket Premium $54 per bulan, cocok untuk bisnis berskala menengah dan besar, Anda akan mendapatkan fitur yang sama dengan paket Standar namun di paket ini Anda sudah dapat menggunakan fitur multi currency.
QuickBooks
QuickBooks merupakan salah satu accounting software yang cocok untuk berbagai bisnis kecil dan menengah seperti manufaktur, grosir, kontraktor, retail, jasa, dan lain-lain.
Fitur yang ada di QuickBooks antara lain:
- Manajemen Pembayaran
Fitur ini membantu Anda melakukan tracking tagihan dan tenggat waktu pembayaran agar memastikan pembayaran tepat waktu serta mengelola tagihan berulang dan pembayaran sebagian tagihan.
Anda dapat membuat penjadwalan otomatis untuk pesanan pembelian berulang dan nanti akan menjadi tagihan saat pesanan selesai, selain itu dapat mengaktifkan pembayaran tagihan menggunakan aplikasi seperti PayPal.
- Manajemen Faktur
Salah satu aktivitas yang pasti ada di sebuah bisnis adalah pembelian dan penjualan. Dalam kedua proses tersebut juga pasti dibutuhkan faktur. Dengan QuickBooks Anda dapat membuat faktur yang tersedia di template dan menerima berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit, kartu debit dan transfer online.
Fitur ini juga dapat melacak status faktur, notifikasi pengingat pembayaran dan mencocokkan nilai pembayaran dengan faktur.
- Manajemen Persediaan Barang
Fitur ini membantu Anda mengelola persediaan barang di toko. Anda dapat mengecek perkembangan nilai persediaan produk serta produk mana yang paling banyak dipesan agar dapat Anda analisa untuk menghasilkan keputusan bisnis yang lebih tepat.
- Tracking Biaya
Salah satu keuntungan menggunakan software akuntansi adalah otomatisasi proses dan kemudahan input data. Dengan QuickBooks, Anda dapat mengkoneksikan kartu kredit, bank dan Paypal untuk mengimpor transaksi. Proses transaksi pun akan lebih cepat.
- Manajemen Pajak Penjual
TIdak hanya nilai transaksi yang dapat dikelola di software akuntansi, namun pajak penjualan juga. Anda tidak perlu lagi menghitung pajak secara manual, Anda dapat otomatis membuat kode pajak untuk faktur per tanggal, lokasi, jenis produk atau layanan dan pelanggan.
- Integrasi dengan Pihak Ketiga
Untuk membuat software Anda semakin powerful, integrasikan berbagai aplikasi bisnis dengan berbagai aplikasi bisnis seperti time tracking, inventory app, e-commerce dan lain-lain.
FreshBooks
FreshBooks adalah software akuntansi dan faktur online yang dapat menghemat waktu Anda dan tim dalam menjalankan operasi bisnis, mengotomatisasi proses admin dan menjaga pembukuan bisnis Anda tetap teratur dan terlihat profesional.
FreshBooks menawarkan faktur otomatis, opsi pembayaran online (transfer bank dan kartu kredit), dan reminder keterlambatan pembayaran. FreshBooks berbasis web yang biasanya melayani bisnis kecil. FreshBooks melayani berbagai industri, seperti marketing, jasa hukum, konsultasi bisnis, dan informasi teknologi (IT).
Fitur utama FreshBooks mencakup pembuatan faktur, tracking pengeluaran, tracking timeline, pelaporan, dan manajemen pembayaran. User dapat memberi merk pada faktur, menerima pembayaran online dan mengatur pengingat pembayaran otomatis. Pengeluaran dapat dilacak dengan melampirkan kwitansi ke faktur, membuat pengeluaran berulang, dan mengambil cetakan kwitansi.
Status keuangan dapat dilihat melalui laporan laba rugi, ringkasan pajak, dan laporan pengeluaran. FreshBooks mengkategorikan biaya transaksi kartu kredit dan memberikan ringkasan semua setoran di dashboard.
FreshBooks juga dapat diintegrasikan dengan Paypal, MailChimp, Zenpayroll dan Basecamp.
Zoho Books
Zoho Books dilengkapi dengan fitur rekonsiliasi bank otomatis, portal klien kolaboratif, akuntansi dan perpajakan, pembayaran online, template faktur, dan laporan analitis. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk mengelola beberapa timesheet proyek yang berbeda dan melacak biaya. Zoho Books adalah software akuntansi untuk mengelola keuangan bisnis di semua bagian perusahaan.
Sistem ini mengotomatiskan berbagai proses keuangan seperti utang & piutang, tracking waktu, penggajian, manajemen transaksi, inventory control, dan perbankan. Selain itu, Zoho Books mengelola interaksi pelanggan dan supplier melalui portal klien tempat pelanggan dapat menyimpan informasi pembayaran mereka dengan aman untuk transaksi berulang.
Zoho Books adalah sistem berbasis web yang dapat diakses dari browser apapun. Tidak diperlukan instalasi atau download untuk menggunakan software ini. Pengguna dapat mengelola pelanggan dan menangani faktur baik secara online atau melalui surat dengan mengotomatiskan faktur berulang, mengatur pengingat pembayaran, dan menerima pembayaran melalui gateway pembayaran online. Zoho Books memiliki aplikasi yang tersedia di perangkat iOS dan Android.
Zoho Books dapat digunakan oleh bisnis dengan ukuran apapun termasuk freelance yang memerlukan bantuan dalam proses akuntansi. Zoho books menyediakan tiga paket harga selain versi gratis untuk bisnis yang berpenghasilan kurang dari 50rb per tahun.
- Paket standar dihargai $10 per perusahaan/bulan untuk 3 pengguna.
- Paket profesional dihargai $20 per perusahaan/bulan untuk 5 pengguna bersama dengan dukungan pelanggan suara dan obrolan.
- Paket premium dihargai $30 per perusahan/bulan untuk 10 pengguna yang dilengkapi dengan integrasi Twilio dan Zoho Sign serta portal vendor, daftar validasi, webhook, dan aturan alur kerja.
Acumatica
Acumatica adalah software ERP cloud yang dapat disesuaikan dan dibuat untuk membantu bisnis dari berbagai ukuran (UMKM sampai enterprise), software ini dipakai untuk mengelola operasional bisnis agar menjadi lebih efisien.
Acumatica menyediakan tampilan dan dashboard yang dapat dipersonalisasi untuk prospek bisnis, keuangan, IT, operasional, penjualan dan marketing. Ini akan membantu user membuat tampilan dashboard khusus dirinya sendiri dan dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat tanpa perlu berpindah modul berbeda-beda untuk mendapatkan data yang diinginkan.
Tidak ada harga pasti yang ditawarkan oleh Acumatica, karena harganya tergantung pada kebutuhan Anda seperti modul yang dibutuhkan, jumlah user, technical support, dan lain-lain. Anda harus menghubungi tim sales Acumatica untuk mendapatkan penawaran harga yang sesuai.
Sayangnya, Acumatica tidak menyediakan solusi untuk semua bisnis, mereka membaginya dalam beberapa edisi berbeda seperti bisnis secara general, distribusi, manufaktur, riteil dan konstruksi.
Acumatica memiliki API yang kuat untuk memfasilitasi integrasi yang cepat dengan tools atau software lain yang sudah Anda gunakan.
Pelaporan real-time Acumatica memudahkan para user untuk selalu mendapatkan informasi dan data saat ini mengenai metrik bisnis. Aplikasi mobile juga memudahkan kolaborasi dan konektivitas kerja antar departemen kapan pun dan di mana pun.
Acumatica memiliki fitur manajemen keuangan untuk menyederhanakan aktivitas keuangan, mengotomatisasi proses akuntansi dan menghasilkan laporan keuangan lebih akurat. Ini memberikan visibilitas real-time terhadap kinerja keuangan, sehingga memudahkan pengambilan keputusan berdasarkan data keuangan yang akurat dan terkini.
Fitur manajemen inventory Acumatica untuk mengelola inventory secara efektif dan menyederhanakan aktivitas manajemen inventory di perusahaan Anda. Tracking dan perkiraan inventory dengan data real-time membantu bisnis mengoptimalkan level inventory, mengurangi kehabisan persediaan, dan meminimalisir biaya inventory.
Acumatica memberikan kemampuan bagi bisnis untuk berintegrasi dengan e-commerce populer seperti Amazon, Magento, Shopify, dan BigCommerce. Konektornya mudah diatur dan digunakan, serta mendukung berbagai fungsi khusus e-commerce seperti manajemen pesanan, penyesuaian inventory, pengiriman, dan penghitungan pajak.
Acumatica tidak mem-publish harganya untuk umum. Harganya tergantung pada industri, ukuran bisnis, fungsi bisnis, technical support yang diperlukan, dan pilihan implementasi. Anda perlu memberikan detail bisnis melalui form di website untuk meminta harga. Tetapi, Acumatica menjanjikan kliennya tidak ada biaya tersembunyi, penambahan harga yang friendly, dan unlimited users.
Dalam riset Forbes, edisi Retail-Commerce memiliki harga minimal $17.400 (USD) per tahun (lima users) hingga $27.600 (USD) per tahun unlimited users) ditambah biaya implementasi tahun pertama.
Demikian daftar 14 software accounting populer yang ada di Indonesia, semoga artikel ini dapat membantu untuk memfokuskan Anda dalam pemilihan vendor software.
Segera konsultasikan kendala bisnis Anda dengan konsultan ahli kami untuk menemukan solusi di program ERP kami!