Salah satu hal yang paling dibutuhkan saat mengaplikasikan strategi digital marketing adalah kreativitas. Namun, jangan khawatir, ketika membuka platform pemasaran baru, kamu juga bisa melihat contoh website e-commerce dari beberapa brand besar untuk menjual produk.
Sebelumnya, perlu dipahami bahwa melihat website e-commerce bukan berarti menjiplak, tapi hanya sebatas mencari inspirasi.
Apakah kamu berencana membangun bisnis e-commerce? Perlu diketahui terlebih dahulu, pengertian website e-commerce adalah kegiatan transaksi jual beli produk atau jasa oleh individu maupun perusahaan melalui media internet.
E-commerce merupakan singkatan dari electronic commerce yang berarti perdagangan elektronik. Maka dari itu, website e-commerce adalah hal penting dalam transaksi ini.
Jadi sudah semestinya, elemen-elemen dalam website e-commerce adalah desain yang menarik dan enak dipandang sehingga akan membuat para pelanggan dan calon pelanggan nyaman melihat tampilan website e-commerce milikmu.
Sederhananya, di sini personal branding yang baik akan meningkatkan penjualan. Jadi sebaiknya, pilihlah desain website yang menarik sehingga dapat merepresentasikan produk milikmu dengan baik.
Transaksi dalam website e-commerce adalah kegiatan yang pertama kali ditemukan pada tahun 1994 oleh Phil Brandenberger. Ia membeli sebuah album “Sting Ten Summoner’s” seharga $12,48 menggunakan Mastercard.
Setelah kejadian itu, kegiatan transaksi perdagangan dalam website e-commerce meningkat dan terus berlangsung sampai sekarang.
Contoh Website E-Commerce
1. Amazon
Contoh website e-commerce yang pertama adalah Amazon. Desainnya user-friendly dengan kemudahan dalam setiap menu untuk mempermudah pelanggan melakukan pencarian produk.
Amazon juga menyediakan fitur mesin pencari untuk mencari produk yang pengguna inginkan dan dapat mempercepat proses belanja. Selain itu, opsi filter yang tersedia juga membantu menampilkan produk yang paling relevan untukmu.
Meskipun memiliki jutaan produk di marketplace, Amazon mampu menyederhanakan antarmukanya yang mana pada akhirnya pelanggan dan calon pelanggan tidak merasa kesulitan dengan banyaknya opsi sehingga navigasi situs pun menjadi lebih mudah.
2. Port of Mokha
Website Port of Mokha mengutamakan penyampaian narasi merek yang menarik.
Port of Mokha menggunakan tulisan untuk melakukannya. Selain itu, Port of Mokha juga menerapkan headline yang persuasif untuk mengajak pelanggan mencari tahu proses di balik produk kopi yang mereka jual.
Kalimat indah tentang kenikmatan kopi juga mendorong untuk turut larut dalam kisah mereka. Teknik tipografi yang tepat diterapkan agar tulisan tersebut mendapatkan spotlight yang tepat dan menarik perhatian.
Selain itu, terdapat slider testimoni hingga komentar dari publikasi ternama, dan juga halaman produk mereka menampilkan rating dan ulasan dari customer. Hal ini dilakukan tentunya untuk keperluan social proof untuk menaikkan reputasi merek Port of Mokha itu sendiri.
3. Simply Chocolate
Contoh website e-commerce internasional berikutnya adalah Simply Chocolate. Situs Simply Chocolate benar-benar menarik dan berani tampil beda dari website e-commerce lainnya.
Misalnya pada menu navigasi mereka menggunakan layout menyamping untuk memberikan efek yang unik.
4. Zalora
Selanjutnya, ada Zalora sebagai contoh website e-commerce di Indonesia. Zalora adalah platform penyedia aneka brand fashion terkenal yang tepat bagi penggemar fashion.
Zalora menyediakan banyak pilihan produk fashion berkualitas, mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya.
5. Shopee
Contoh website e-commerce di Indonesia berikutnya yaitu Shopee. Shopee adalah sebuah platform e-commerce (perdagangan elektronik) yang didirikan pada tahun 2015 di Singapura oleh Sea Group. Platform ini beroperasi di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, dan Taiwan.
Shopee menyediakan berbagai macam produk, mulai dari barang-barang elektronik, fashion, kecantikan, makanan dan minuman, hingga produk-produk unik dan kreatif dari seller-seller lokal. Shopee juga menawarkan layanan pembayaran, pengiriman, dan dukungan pelanggan yang terintegrasi dalam platformnya.
6. Ebay
eBay beroperasi di banyak negara di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Kanada, Australia, dan India. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membeli atau menjual produk baru atau bekas dengan format lelang atau pembelian langsung.