5 Pertimbangan Memilih Platform E-Commerce untuk Toko Online Anda di Indonesia
1. Biaya yang Harus Dikeluarkan
Setiap penyedia layanan e-commerce tentu memasang tarif yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda harus jeli memilih platform mana yang menawarkan harga terjangkau serta memiliki layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu patokan yang bisa Anda pegang adalah, platform tersebut memberikan fasilitas bandwidth dan upload produk yang tidak terbatas (unlimited), sehingga Anda dapat menampung sebanyak apapun pengunjung toko online Anda dan menampilkan semua produk tanpa adanya batasan jumlah.
2. Perhatikan Perencanaan, Hosting, dan Website
Salah satu indikator platform e-commerce yang baik adalah dapat membantu Anda dalam hal hosting, desain web, dan proses upload produk ke toko online Anda. Bukan hanya itu, e-commerce yang baik harus dapat menunjang fitur SEO untuk tag produk, sehingga toko online Anda bisa memperoleh peringkat teratas di mesin pencari seperti Google, Bing, atau lainnya. Fitur SEO ini sangat penting, karena dapat menunjang bisnis Anda dalam jangka panjang.
3. Pelajari Fitur Belanja dan Pemasaran
Toko online dengan desain yang menarik dan fitur yang lengkap dapat mempengaruhi keputusan audiens untuk melakukan pembelian, dan menumbuhkan loyalitas mereka saat sudah menjadi konsumen. Fitur-fitur seperti ulasan produk dan perbandingan produk dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan. Dan carilah platform yang menyediakan fitur lebih dari satu bahasa, sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan konsumen internasional.
4. Perhatikan Masalah Privasi dan Keamanan
Salah satu pertimbangan dalam memilih platform e-commerce adalah fitur keamanan dan privasi. Beberapa indikator yang bisa Anda lihat adalah adanya PCI DSS Compliance – sebagai standar keamanan yang diakui internasional, perlindungan Secure Socket Layer (SSL), dan kode atau sandi khusus untuk mengamankan transaksi. Dengan adanya beberapa fitur keamanan dan privasi yang disediakan, maka bisa dipastikan transaksi yang terjadi di toko online Anda nantinya berjalan dengan aman.
5. Layanan Bantuan dan Dukungan
Pastikan platform e-commerce yang akan Anda pilih memiliki layanan contact center, baik melalui email, telepon, live chat, dan sebagainya. Sebisa mungkin pilih platform yang menyediakan dukungan 24/7, sehingga Anda bisa mendapatkan akses bantuan kapan saja. Selain layanan contact center, Anda juga perlu memilih platform yang menyediakan layanan dukungan seperti FAQ, panduan bagi pengguna, dan panduan teknis lainnya.