Selain software akutansi dan inventaris yang digunakan untuk mengelola keuangan dan stok barang perusahaan, sekarang ada juga software yang bisa membantu semua tugas yang berkaitan dengan HRD (Human Resoure Department). Pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) secara manual yang cukup menguras tenaga dan waktu, membuat software HR mulai diminati oleh banyak perusahaan untuk mengotomatiskan manajemen SDM mereka. Bahkan, kini Anda dengan mudah akan menemui banyak vendor di Indonesia yang menawarkan paket software HR lengkap dengan berbagai fiturnya, salah satunya Aplikasi HR Kreatif atau Soket Human Capital.
Jika Anda saat ini sedang berencana ingin menggunakan software atau aplikasi HR, mungkin informasi mengenai pengertian aplikasi HR, tujuan, fungsi, serta kelebihan software HR Kreatif (Soket Human Capital) dalam artikel ini cocok untuk Anda.
Apa Itu Aplikasi HR?
HRIS (Human Resource Information System) atau HRMS (Human Resource Management Software) atau yang juga dikenal sebagai Aplikasi HR adalah software berfungsi untuk mengelola berbagai aktivitas yang berhubungan dengan HR (Human Resource) atau SDM, seperti absensi, gaji, pajak, proses rekrutmen dan onboarding karyawan baru, kehadiran, cuti karyawan, dan memantau kinerja karyawan.
Melalui Aplikasi HR, semua data karyawan di perusahaan akan tersimpan dan terintegrasi dalam sistem database tunggal. Ini memudahkan manajer HRD melacak berbagai informasi tentang karyawan sekaligus mengatur siapa saja yang bisa mengakses sistem dan informasi karyawan.
Sama dengan sistem software ERP lainnya, Aplikasi HR juga tersedia secara fleksibel dalam tiga basis yaitu on premise, website (cloud), dan aplikasi desktop atau mobile.
Apa Tujuan Aplikasi HR?
Mungkin masih ada sebagian orang termasuk Anda mengira kalau dengan teknologi Aplikasi HR dari microsoft yang canggih bisa menggantikan semua staf HR di perusahaan Anda. Padahal itu salah, kerena tujuan Aplikasi HR semestinya hanya membantu meringankan dan memaksimalkan pekerjaan staf HR itu sendiri, baik yang bersifat manual maupun operasional.
Dengan begitu, para staf HR di perusahaan Anda bisa lebih menghemat tenaga dan waktu, sehingga produktivitas semakin meningkat. Apliksi HR membantu semua staf HR mengolah informasi karyawan yang ada di perusahaan Anda seperti pendataan gaji dan absensi, dengan lebih cepat, cermat, dan akurat.
Jadi, peran staf HR dalam perusahaan tetaplah penting dan tak tergantikan.
Fungsi Aplikasi HR Untuk Perusahaan
Selain berkontribusi dalam produktivitas manajemen HR, Aplikasi HR juga memiliki beragam fungsi yang akan sangat berguna untuk membantu perkembangan dan kemajuan perusahaan Anda. Sebagai catatan, fungsi tersebut tergantung dengan jenis sistem yang Anda gunakan, apakah sistem berbasis on premise, yang bisa dikelola sepenuhnya sendiri, atau sistem cloud dengan basis web browser, yang mana Anda akan dibantu vendor untuk mengelola data perusahaan tetapi Anda dapat mengaksesnya dengan mudah cukup melalui browser.
Berikut ini fungsi Aplikasi HR secara umum, simak penjelasan lengkapnya di bawah :
1. Manajemen Penggajian
Staf HR perusahaan Anda tidak perlu lagi repot-repot menghitung gaji setiap karyawan secara manual, belum lagi perhitungan gaji yang harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti pemotongan BPJS, pengurangan gaji karena cuti, pemberian bonus, dan lain sebagainya. Masalah manajemen penggajian atau payroll yang ada setiap bulan dapat staf HR tangani dengan mudah dan otomatis menggunakan aplikasi HR.
2. Proses Rekrutmen
Fitur otomotisasi pada Aplikasi HR juga akan membantu staf HR perusahaan Anda dalam proses perekrutmen karyawan baru. Semua proses mulai dari pemasangan iklan lowongan, pengisian form lamaran, seleksi karyawan, tahap interview, tes psikotes, sampai seleksi final, semuanya bisa langsung terupdate di sistem.
3. Keamanan Data Karyawan
Hal terpenting dalam sebuah perusahaan adalah melindungi data sensitif perusahaan, tak terkecuali data karyawan yang bersifat personal. Sistem Aplikasi HR memungkinkan manajer HRD mengatur siapa saja yang boleh mengakses informasi tertentu terkait karyawan pada sistem. Dengan begitu, semua data penting karyawan dapat selalu terkontrol dan aman terlindungi, terhindar dari resiko kebocoran data, serta meminimalisir kerusakan data akibat penyimpanan manual.
4. Memonitor Kinerja Karyawan
Fungsi selanjutnya adalah memudahkan staf HR dalam memantau kinerja dan performa karyawan perusahaan, baik yang di kantor, WFH (Work From Home), maupun karyawan hibrid. Mulai dari absensi kehadiaran secara real time, tingkat produktivitas karyawan, sampai mengukur pencapaian apa saja yang mereka lakukan untuk perusahaan, semuanya bisa termonitor dengan baik melalui sistem Aplikasi HR.
5. Hemat Biaya Operasional
Terakhir, biaya operasioanal HRD tentu bisa jauh lebih hemat, sebab penggunaan kertas dapat dikurangi dan sebagian kebutuhan SDM HR juga bisa dialihkan ke sistem software HR secara otomatis.
Kelebihan Dari Sofware HR
Anda tidak perlu bingung memikiran implementasi Software HR untuk perusahaan Anda, karena Aplikasi HR Kreatif (Soket Human Capital) dengan sistemnya yang telah terintegrasi, keamanan tingkat tinggi, dan fitur yang lengkap mampu memberikan solusi nyata bagi semua kebutuhan HR dalam perusahaan. Software HR Kreatif mudah digunakan, bahkan oleh orang yang tidak begitu tahu tentang teknologi sekali pun.
Sederhanakan dan otomatiskan seluruh proses pengelolaan karyawan seperti ketidakhadiran, cuti, penggajian, umpan balik kinerja, dan lainnya ke dalam sebuah sistem berbasis data. Kurangi biaya operasional HR dan bantu staf HR Anda membuat keputusan yang lebih baik dengan menggunakan analitik tersemat yang ada di Aplikasi HR Kreatif.
Kesimpulan
Demikianlah informasi mengenai pengertian, tujuan, dan fungsi dari Software HR, serta kelebihan yang ditawarkan Aplikasi HR Kreatif (Soket Human Capital). Temukan berbagai fitur dan pilih paket software HR yang cocok dengan perusahaan Anda.