Digitalisasi bisnis merupakan efek dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Perusahaan yang dapat mengadopsi solusi digital dalam model bisnis mereka akan lebih mampu bersaing.
Digitalisasi sangat bermanfaat terutama dalam menyederhanakan pekerjaan dan mempersingkat waktu. Sebagai contoh, manfaatnya dapat dirasakan saat melakukan aktivitas pemasaran. Dalam digital marketing, bisnis dapat memastikan campaign mereka menjangkau target audiens menggunakan tools tertentu.
Jika Anda hendak menerapkan digitalisasi untuk bisnis Anda, pahami terlebih dahulu tentang apa itu digitalisasi bisnis, manfaatnya, langkah-langkah, serta elemen penting di dalamnya pada artikel ini.
Apa itu digitalisasi bisnis?
Digitalisasi bisnis adalah penggunaan teknologi digital untuk mengubah proses internal bisnis. Menurut Upwork, digitalisasi mencakup seluruh jaringan proses yang menggunakan data digital untuk menyederhanakan pekerjaan.
Akan ada banyak aspek dalam bisnis Anda yang diubah ketika Anda memutuskan untuk melakukan digitalisasi. Aspek tersebut bisa meliputi produk, operasional, manajemen stok, keuangan, pengalaman pelanggan, dan sebagainya.
Manfaat digitalisasi bisnis
Digitalisasi proses internal bisnis dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat digitalisasi bisnis:
Kegiatan operasional lebih efisien
Digitalisasi memungkinkan otomasi proses bisnis Anda yang sebelumnya manual, misalnya interaksi dengan pelanggan. Otomasi dapat memperbaiki flow kerja, menghemat biaya, meningkatkan produktivitas, mengurangi human error, dan secara keseluruhan membuat kegiatan operasional menjadi lebih efisien.
Meningkatkan customer experience
Dengan sistem yang serba digital, bisnis Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan melalui layanan pelanggan online, personalisasi, dan respon yang cepat terhadap pertanyaan pelanggan.
Bisnis lebih mampu bersaing
Digitalisasi yang serba cepat dan instan akan membantu pertumbuhan bisnis Anda. Hasilnya, Anda dapat menjadi lebih kompetitif dan mampu bersaing di pasar.
Mudah mengakses dan menganalisis data
Data adalah komponen yang sangat penting dalam sebuah proses bisnis. Dengan adanya digitalisasi, Anda dapat merekam dan menyortir data yang dibutuhkan. Data tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan perbaikan strategi bisnis. Setelah data didapat, Anda dapat melakukan analisis untuk memprediksi tren pasar dan perilaku pelanggan.
Memudahkan aktivitas marketing
Digitalisasi bisnis juga mencakup transformasi proses marketing yang sebelumnya konvensional menjadi digital. Anda tidak perlu lagi mencetak brosur kemudian menyebarkannya dari rumah ke rumah. Digital marketing channel dapat menjangkau target pelanggan secara lebih luas.
Langkah-langkah digitalisasi bisnis
Setelah mengetahui apa saja manfaat digitalisasi bisnis, kini Anda perlu mengetahui langkah-langkahnya yang meliputi
Penentuan tujuan digitalisasi
Sebelum mulai menerapkan digitalisasi, tentukan tujuan Anda secara matang. Anda dapat berfokus untuk mempelajari bisnis digital, meningkatkan brand awareness, meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya operasional, dan lain-lain selama tujuan tersebut dapat terukur jelas.
Penentuan lingkup proses yang didigitalisasi
Tentukan lingkup proses bisnis apa saja yang ingin Anda digitalisasi, bisa dari segi operasional, keuangan, laporan, layanan, atau pemasaran. Jika sumber daya dan biaya yang dimiliki perusahaan mencukupi, Anda dapat menerapkan digitalisasi di banyak lingkup, tidak hanya satu saja.
Pemanfaatan data
Data dapat ‘berbicara’ dan menjadi sumber informasi berharga bagi pelaku bisnis. Manfaatkan data yang telah terkumpul untuk memahami profil dan perilaku pelanggan serta tren pasar. Analisis data tersebut untuk membuat keputusan strategi yang sesuai.
Penyusunan strategi
Strategi yang disusun untuk perusahaan yang memanfaatkan teknologi dengan perusahaan konvensional pasti berbeda. Agar proses digitalisasi nantinya berjalan lancar, Anda perlu membuat rencana jalannya bisnis serta cara untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.
Elemen penting digitalisasi bisnis
Sebelum mulai menerapkan digitalisasi, Anda juga perlu mengetahui elemen-elemen pentingnya. Berikut beberapa elemen digitalisasi yang perlu dimiliki bisnis:
Data dan analitik
Mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data adalah elemen inti dalam digitalisasi. Anda perlu mengidentifikasi sumber data yang relevan, mengelola data dengan aman, dan menggunakan analitik untuk mendapatkan wawasan baru.
Keamanan data dan informasi
Meskipun sudah menerapkan digitalisasi, perusahaan tetap harus melindungi data pelanggan, data bisnis, dan informasi rahasia dari ancaman siber. Anda dapat menggunakan firewall dan sistem keamanan lainnya sebagai proteksi.
Aplikasi mobile
Saat ini hampir semua perusahaan yang terdigitalisasi telah memiliki aplikasi mobile. Memiliki aplikasi mobile yang baik dan responsif dapat membantu meningkatkan interaksi dan memberikan layanan yang lebih mudah dan cepat diakses oleh pelanggan.
Media sosial
Media sosial menjadi salah satu elemen penting digitalisasi bisnis. Mulai dari Facebook, X, TikTok, Instagram, hingga WhatsApp, semuanya dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing.
Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda wajib menggunakan WhatsApp Business. Anda dapat memaksimalkannya dengan memasang WhatsApp Business API. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari fiturnya, pastikan Anda memilih Mitra Solusi Bisnis WhatsApp yang terpercaya.
Transaksi pembayaran digital
Salah satu elemen penting dalam digitalisasi bisnis, adalah pembayaran transaksi digital. Ketika bisnis masih offline atau konvensional, pembayaran hanya bisa dilakukan oleh kartu debit atau secara cash. Walaupun ada kemungkinan untuk melakukan pembayaran via transfer, tetapi dari segi keamanan dan kepastian untuk pelanggan sangatlah kurang.
Untuk itu gunakan transaksi pembayaran digital dimana anda bisa memberi kebebasan untuk pelanggan melalui pembayan seperti payment gateway, QRIS, bahkan bisa menggunakan kartu kredit. Platform seperti paper.id menyediakan layanan dalam transaksi pembayaran digital untuk keamanan pembeli.
Sehingga pembeli bisa mendapatkan kebebasan dalam berbelanja.
CRM
Elemen digitalisasi yang berikutnya adalah Customer Relationship Management (CRM). Dengan CRM, pengelolaan interaksi pelanggan, leads, dan penjualan menjadi lebih mudah. Ditambah lagi jika Anda menggunakan platform omnichannel seperti SleekFlow yang mampu mengintegrasikan seluruh percakapan dalam satu platform terpadu.
Solutech sebagai alternatif CRM yang mendukung digitalisasi bisnis
Jika Anda berencana melakukan digitalisasi bisnis dan membutuhkan solusi alternatif CRM yang lebih murah, Solutech jawabannya.
Sebagai platform omnichannel, Solutech memiliki berbagai fitur dan keunggulan yang tidak jauh berbeda dengan software CRM kenamaan. Fitur dan keunggulan tersebut meliputi
-
Integrasi, penyimpanan, dan pengelolaan data pelanggan.
-
Otomasi percakapan dengan pelanggan.
-
Pengiriman pesan broadcast yang dapat dipersonalisasi.
-
In-chat payment link untuk memudahkan transaksi.
Seluruh solusi Solutech mendukung terwujudnya digitalisasi bisnis. Dengan SleekFlow, Anda dapat meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.
Kesimpulan
Digitalisasi bisnis penting untuk diterapkan supaya bisnis mampu beradaptasi dan bersaing di era yang semakin maju ini. Digitalisasi juga dapat meningkatkan efisiensi jalannya bisnis dan produktivitas bisnis secara keseluruhan. Dengan memahami manfaat, langkah, dan elemen pentingnya digitalisasi, bisnis dapat mempersiapkan diri untuk meraih peluang pertumbuhan.