Masih bingung menentukan Ecommerce platform terbaik yang akan kamu gunakan ?
Selain itu ecommerce platform yang dapat digunakan pun cukup beragam, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Saya telah memilih ecommerce platform yang bisa anda gunakan.
- 5 Extensions Wajib untuk Ecommerce Magento di 2019
- Alasan Mengapa Migrasi ke Magento 2
- Cara Mengatasi Error Admin Blank Page Magento 2
- Cara Mudah Mengatasi Error Setup Magento 2
- Cara Install Magento 2 di Localhost dengan XAMPP
- 8 Kelebihan Magento 2 di Bandingkan dengan Magento 1
- Ecommerce Platform Terbaik
- 5 Ecommerce Terbaik di Indonesia pada 2019
- 5 Marketplace Terbaik di Indonesia pada 2019
- Revolusi Industri 5.0 Human – Centered
- Apa Itu SEO? dan Cara Meningkatkannya dengan Mudah
- Cara Lengkap dan Mudah Optimasi On Page SEO
- Cara Lengkap dan Mudah Optimasi Off Page SEO
- Cara Install Laravel 5.8
- Cara Membuat Report PDF dengan DomPDF pada Laravel
- Text Editor Terbaik untuk Coding di 2019
- Cara Install WordPress di Localhost
5 Ecommerce Platform Terbaik 2019
1. Magento
Magento merupakan ecommerce platform khusus, yang bersifat open source dan di rancang khusus agar dapat mengembangkan bisnis ecommerce yang besar. Magento sendiri dirilis pada tahun 2008. Sampai saat ini, builthwith mencatat bahwa total pengguna magento berjumlah 941.929 website.
Kelebihan :
- Skalabilitas yang tinggi
- Extension yang cukup lengkap
- Mendukung Search Engine Optimization(SEO)
- Response time yang sangat cepat
- Mendukung 3rd party integration
- Bisa di kustom
- Desain tampilan yang menarik
Kekurangan :
- Sistem magento sangat kompleks dan sedikit sulit dipahami
Biaya :
Untuk biaya, platform magento ini dibagi menjadi 2 tipe yaitu community edition dan enterprise edition. Community edition magento tidak memiliki biaya lisensi sehingga anda dapat menggunakannya dengan gratis. Sedangkan untuk enterprise edition anda harus membayar lisensi sebesar $18.000/tahun atau setara dengan Rp.254.349.000/tahun.
2. Squarespace
Squarespace merupakan sebuah ecommerce platform berbayar yang memberikan kemudahan bagi penggunanya. Squarespace sendiri diliris pada tahun 2004. Sampai saat ini builtwith mencatat bahwa total pengguna squarespace berjumlah 1.191.893 website.
Kelebihan :
- Desain tampilan yang menarik
- Kemudahan development dengan drag and drop
- Dapat mengontrol ecommerce melalui mobile
Kekurangan :
- Extension yang terbatas
- Backend tidak dapat di kustom
Biaya :
Untuk biaya ecommerce platform yang satu ini di bagi menjadi 2 yaitu basic dan advance. Untuk basic anda perlu membayar sebesar $26/bulan atau sekitar Rp.367.000/bulan sedangkan advance seharga $40/buan atau sekitar Rp. 565.000/bulan.
3. Shopify
Shopify merupakan sebuah ecommerce platform berbayar yang sangat populer di kalangan ecommerce, shopify diliris pada tahun 2004. Sampai saat ini builtwith mencatat bahwa total pengguna shopify berjumlah 2.440.823 website.
Kelebihan :
- Desain tampilan yang menarik
- Mendukung 3rd party integration
- Dapat mengontrol ecommerce melalui mobile
- Mendukung Search Engine Optimization(SEO)
- Skalabilitas yang cukup tinggi
Kekurangan :
- Kebanyakan extension memiliki biaya tersendiri
- Biaya tambahan untuk penggunaan multi payment 2%/transaksi
Biaya :
Besar biaya untuk menggunakan ecommerce platform shopify di bagi menjadi 3 jenis yaitu Basic Shopify seharga $29/bulan atau sekitar Rp.409.000/bulan, Shopify seharga $79/bulan atau sekitar Rp.1.100.000/bulan, dan Advance Shopify seharga $299/bulan atau sekitar Rp.4.200.000/bulan. Biaya tersebut belum termasuk dengan tema dan plugin yang kalian pakai karena beberapa tema dan plugin yang terdapat di shopify tidak semuanya gratis.
4. Bigcommerce
Ecommerce platform yang satu ini merupakan sebuah ecommerce platform berbayar yang memiliki tools dan fitur cukup lengkap. Bigcommerce diliris pada tahun 2009. Sampai saat ini builtwith mencatat bahwa total pengguna bigcommerce berjumlah 159.664 website.
Kelebihan :
- Terintegrasi langsung dengan Google Merchant
- Mendukung 3rd party integration
- Mendukung Search Engine Optimization(SEO)
- Extension yang cukup lengkap
- Desain tampilan yang menarik
Sebagai ecommerce platform yang cukup baik, bigcommerce merupakan salah satu ecommerce platform yang memiliki tools dan fitur yang cukup lengkap. Selain itu bigcommerce terintegrasi dengan amazon dan ebay yang dapat membuat anda dapat menjual produk anda di beberapa tempat.
Kekurangan :
- Backend tidak dapat di kustom
- Kebanyakan extension memiliki biaya tersendiri
Biaya :
Biaya pada bigcommerce dibagi menjadi 4 layanan yaitu standard, plus, pro, dan enterprise. Untuk layanan standard seharga $29.95/bulan atau sekitar Rp.420.000/bulan, layanan plus segarga $79.95/bulan atau sekitar Rp.1.100.000/bulan, layanan pro seharga $249.95/bulan atau sekitar Rp.3.500.000/bulan, dan biaya untuk layanan enterprise kalian harus berdiskusi dengan sales bigcommerce.
5. PrestaShop
PrestaShop merupakan sebuah ecommerce platform opensource dengan tampilan yang menarik dan fitur yang cukup lengkap. Prestashop diliris pada tahun 2008. Sampai saat ini builtwith mencatat bahwa total pengguna bigcommerce berjumlah 750.896 website.
Kelebihan :
- Bisa di kustom
- Mendukung 3rd party integration
- Extension yang cukup lengkap
Kekurangan :
- Beberapa extension membutuhkan resource yang cukup besar
- Loading time cuku lama
Biaya :
Untuk masalah biaya, prestashop memberikan layanannya secara gratis tetapi untuk beberapa extension yang disediakan memiliki biaya tersendiri. Jadi biaya yang perlu anda keluarkan tergantung pada extension yang anda gunakan.